Semua Pelatihan

Inhouse Training : Financial Feasibility Study PT. Pupuk Kalimantan Timur

Studi kelayakan atau Feasibility Study merupakan metode yang banyak digunakan untuk mengevaluasi apakah suatu rencana bisnis atau proyek berpotensi untuk berhasil. Terdapat berbagai jenis studi kelayakan, salah satunya yaitu studi kelayakan finansial. Secara prinsip, analisis dalam studi kelayakan finansial mencakup keseluruhan evaluasi atas performa keuangan, meliputi profil struktur modal, pendapatan, biaya operasional, dan lain sebagainya. Dalam konteks praktik, studi kelayakan finansial juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu atau permasalahan potensial yang mungkin terjadi selama realisasi proyek, seperti eskalasi biaya operasional, ketidakpastian pendapatan, dan isu lainnya.

Workshop: Implementasi Artificial Intelligence pada Manajemen Dokumen dan Arsip

Apakah benar kehadiran Artificial Intelligence (AI) menjadi ancaman bagi peran pengelola arsip dan dokumen di institusinya? Ataukah sebaliknya? Workshop ini akan membangun cara berpikir positif para pengelola arsip dan dokumen terhadap kehadiran teknologi AI, bahkan memiliki skill memanfaatkan fitur-fitur berbasis AI untuk mengelola dokumen dan arsip. Tak hanya itu peserta akan tetap diberikan pegangan kaidah pengelolaan arsip berbasis teknologi informasi agar tak salah arah. Pastikan Anda ikuti program ini dan bertemu dengan circle yang positif.

Pre-Doctoral Study Workshop Batch 6

Anda sedang bingung ingin sekolah S3 tetapi tidak tahu apa yang perlu disiapkan? Executive Education ITS Proudly Present Pre-Doctoral Study Workshop Batch 6 (Online Program). Program ini ditujukan untuk para profesional dan praktisi yang berencana melanjutkan Studi S3, para profesional dan praktisi dengan pengalaman manajerial, dan para peminat program Doktor Manajemen Teknologi SIMT ITS.

Junior Manager Development Program: Fundamental Business Knowledge and Leadership (Khusus PT. MTF) Batch 17

Program ini merupakan kerjasama antara ITS Executive Education, SIMT ITS dengan PT Mandiri Tunas Finance. Program ini merupakan bagian dari serangkaian upaya pengembangan karir untuk karyawan internal level Supervisor menjadi level Manager. Selama menjalani program ini, peserta akan mendapatkan pembekalan terkait Fundamental Business Process, Self Management, Business Management & People Management, dll. Program ini bertujuan untuk menciptakan leaders yang memiliki kompetensi sebagai manager yang siap bersaing era industrial 5.0 dan era digitalisasi yang berlandaskan nilai-nilai PERWIRA, Memberikan kemampuan dasar seorang leader dalam memberikan empowerment kepada orang di sekitarnya, baik rekan kerja, anggota tim, maupun atasan yang bisa jadi berbeda generasi ataupun berbeda background, Internalisasi Core Competencies, dan Leadership Competencies MTF melalui topik pembelajaran di kelas dan pelaksanaan On the Job Training, Melengkapi kemampuan peserta dalam melakukan sebuah ideation berdasarkan pola customer centric dan data/ fakta di lapangan.

Delivering Service Excellence Training Program

Program pelatihan publik eksklusif selama dua hari secara offline bagi tim service mulai dari level operations hingga strategic untuk memberikan service excellence sehingga dapat menghadirkan seamless customer experience yang berujung pada customer loyalty. Why This Training is Important? Kami berfoku pada peningkatan customer loyalty melalui service excellence, 101 tips & trick to elevate your professional look serta mempelajari cara berkomunikasi dengan berbagai karakteristik customer. Bergabunglah dengan kami dan upgrade skill tim Anda menjadi luar biasa.

Advanced Training in Project Management Batch 5

Pengelolaan proyek menjadi kompetensi wajib bagi setiap industri, baik yang memang bisnisnya berbasis proyek maupun organisasi yang tidak berbasis proyek tetapi harus melakukan inovasi dan perbaikan untuk menjaga daya saing dan keberlangsungan bisnisnya. Di sisi lain, dengan perkembangan lingkungan bisnis yang dinamis, diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengelola proyek dengan prinsip-prinsip baru agar proyek memiliki alignment dengan strategi organisasi dan sejalan dengan aspirasi berbagai pemangku kepentingan. Training Manajemen Proyek ini akan memberikan materi-materi yang komprehensif pada Body of Knowledge Manajemen Proyek. Para pengajar program ini adalah akademisi dan praktisi yang berpengalaman pada bidang pengelolaan proyek. Program training ini didesain bagi para profesional dan leader yang bergerak di berbagai bidang industri. Mereka yang tertarik untuk mendalami bidang project management dengan pendekatan interdisiplin sangat tepat untuk mengikuti program ini.

One Day Workshop: Strategi Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence

Menghadapi perkembangan teknologi informasi yang tiada henti, perpustakaan wajib untuk berbenah diri dalam berkolaborasi dengan produk-produk teknologi. Artificial Intelligence (AI) yang kini menjadi salah satu trending topic di masyarakat menjadi penting untuk diperbincangkan dalam kaitannya dengan layanan perpustakaan. Bergabunglah dalam program ini untuk mendapatkan strategi khusus dalam membangun perpustakaan berbasis AI demi kepuasan pemustaka.

Training Program : Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

Penjaminan mutu internal di bidang tridharma perguruan tinggi oleh setiap perguruan tinggi merupakan hal yang wajib dilakukan. Program training ini akan memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana mempersiapkan perencanaan penjaminan mutu internal hingga pada tahap persiapan kegiatan audit penjaminan mutu berdasarkan dokumen-dokumen mutu yang sudah disiapkan.

CREATIVE PROBLEM SOLVING TRAINING PROGRAM

Fokus Creative Problem Solving Training Program adalah skill up pemecahan masalah secara teroptimasi: praktis, tepat, cepat, win-win untuk semua stakeholder yang terlibat. Skill up dilakukan secara metodikal menggunakan framework, canvas, tools terbaru dengan teknologi mutakhir yang mengoptimasi waktu & tenaga; diantaranya big data dan artificial intelligence.

Professional Secretary Training Program Batch 3

Program training ini secara khusus kami tujukan bagi Anda para sekretaris profesional yang dipercaya oleh sebuah institusi dan perusahaan untuk menjalankan roda administrasi proses bisnis. Kami meyakini bahwa menjalani profesi sebagai seorang sekretaris memerlukan knowledge, skill, dan experiences yang mumpuni. Percayakan kepada kami, ITS Executive Education sebuah program unggulan di Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi ITS yang secara khusus menghadirkan berbagai training multidisiplin dan berkualitas. Pada program training khusus sekretaris ini kami menghadirkan 6 modul unggulan yang dikemas dalam 16 JPL yaitu, “Excellence Management Services”, “Business Etiquette”, “Interpersonal Communication”, “Effective Communication for Office” “Digital Correspondence and Document Management”, dan “Smart Technology for Office”. Modul-modul ini akan disampaikan oleh para trainer yang berkompeten di bidangnya dan akan disajikan melalui praktek dan studi kasus.

Finance and Taxation Course

Program training Finance andTaxation Course ini secara ekslusif diselenggarakan bagi Anda, para profesional yang mendedikasikan diri sebagai penanggungjawab dan praktisi di bidang keuangan dan anggaran. Program ini didesain secara komprehensif untuk membahas berbagai dinamika dan pendekatan yang dilakukan untuk mencapai hasil yang strategis dan optimal di bidang manajemen keuangan. Program modul disusun dan dibahas oleh para trainer yang berasal dari bidang profesional masing-masing, mulai dari akademisi hingga praktisi. Metode pembelajaran pada program training ini akan disampaikan secara interaktif, berbasis case studies, dan menyajikan bahan diskusi untuk dipecahkan bersama-sama. Selain itu, untuk materi praktik juga akan disajikan khusus untuk perhitungan pajak. Segera daftarkan diri Anda pada program ini, untuk menjadi bagian dari human resources yang selalu berupaya meningkatkan kapabilitas diri sesuai bidang yang ditekuni.

Professional Public Speaking Training Program

Kemampuan public speaking saat ini menjadi sebuah kebutuhan mutlak bagi para profesional. Tak hanya bagi mereka yang berprofesi sebagai MC, Guru, Dosen, Narasumber, Trainer, tetapi hampir semua profesi membutuhkan kemampuan untuk dapat menyampaikan ide dan gagasan secara informatif, efektif, dan persuasif kepada pimpinan, tim, stakeholder, maupun kolega yang lain. ITS Executive Education secara khusus bekerjasama dengan PR Institute dan menghadirkan trainer handal yang berpengalaman dalam memberikan coaching di bidang public speaking untuk mendampingi para peserta training lebih mendalami skill dan mempraktekkan langsung di depan audiens. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi pembicara handal. Segera hubungi ITS Executive Education😊

Short Courses Fundamentals of Management for Engineering Student and Fresh Graduates Batch V

ITS Executive Education sebagai salah satu program unggulan di Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi ITS yang secara khusus menyelenggarakan berbagai program training dengan pendekatan interdisiplin, kini hadir secara khusus untuk Anda para mahasiswa dan fresh graduated di bidang engineering yang selama menempuh program pendidikan belum mendapatkan materi-materi tentang manajemen. Melalui program “Short Course Fundamental of Management”, kami ingin menjadi bagian dari langkah awal Anda untuk memasuki dunia kerja yang semakin menantang dan dinamis, sehingga Anda semakin siap menjadi seorang profesional di bidangnya.

Pre-Doctoral Study Workshop Batch 5

Anda sedang bingung ingin sekolah S3 tetapi tidak tahu apa yang perlu disiapkan? Executive Education ITS Proudly Present Pre-Doctoral Study Workshop Batch 5 (Online Program). Program ini ditujukan untuk para profesional dan praktisi yang berencana melanjutkan Studi S3, para profesional dan praktisi dengan pengalaman manajerial, dan para peminat program Doktor Manajemen Teknologi SIMT ITS. Benefit dari program ini adalah bagi peserta dengan progress penulisan proposal yang baik mendapatkan kesempatan untuk direkomendasikan diterima di Program Doktor Manajemen Teknologi SIMT ITS).

Finance and Budgeting Management Training Program (Yogyakarta)

Program training Finance and Budgeting Management ini secara ekslusif diselenggarakan bagi Anda, para profesional yang mendedikasikan diri sebagai penanggungjawab dan praktisi di bidang keuangan. Program ini didesain secara komprehensif untuk membahas berbagai dinamika dan pendekatan yang dilakukan untuk mencapai hasil yang strategis dan optimal di bidang manajemen keuangan dan anggaran. Program modul disusun dan dibahas oleh para trainer yang berasal dari bidang profesional masing-masing, mulai dari akademisi hingga praktisi. Metode pembelajaran pada program training ini akan disampaikan secara interaktif, berbasis case studies, dan menyajikan bahan diskusi untuk dipecahkan bersama-sama. Selin itu, untuk materi praktik juga akan disajikan khusus untuk perhitungan pajak. Segera daftarkan diri Anda pada program ini, untuk menjadi bagian dari human resources yang selalu berupaya meningkatkan kapabilitas diri sesuai bidang yang ditekuni.

SIMT Leadership for CEO

Kursus ini ditujukan untuk para CEO yang ingin memperdalam pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana membawa organisasi mencapai misinya. Dalam training ini diharapkan dapat memberikan gambaran umu, konsep, best practice, pengalaman serta studi kasis kepemimpinan organisasi. Para trainer dipilih diantara para pemimpin berpengalaman di berbagai sektor industri.

Advanced Training Creative Marketing in Digital Era

Menurut he American Marketing Association (2015), pemasaran adalah: aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas. Definisi ini mencerminkan peran Eksekutif Pemasaran yang lebih penting dalam suatu perusahaan. Eksekutif Pemasaran diharapkan bekerja dengan departemen lain dalam organisasi untuk memberikan nilai dan hubungan pelanggan; memastikan bahwa pengalaman pelanggan konsisten dan positif. Oleh karena itu, Manajemen Pemasaran adalah bidang studi bisnis yang dinamis dan sangat merangsang. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam aspek manajerial pemasaran. Pelatihan ini memberikan pemahaman tentang pemasaran sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen secara umum dan sebagai kerangka untuk menganalisis situasi bisnis. Hal ini bertujuan untuk memaparkan peserta pelatihan pada konsep dasar, alat dan teknik dalam pemasaran dan memberi mereka kesempatan untuk menerapkannya dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan di bidang pemasaran. Karena perkembangan manajemen pemasaran yang banyak dipengaruhi oleh komunikasi dan teknologi digital saat ini, pendekatan pemasaran digital diintegrasikan ke dalam pelatihan ini untuk membantu pemasar dan pengambil keputusan dalam perencanaan pemasaran strategis untuk mengatasi pengaruh teknologi saat ini dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya pemasaran. dan aktivitas.

SIMT MINI-MBA PROGRAM BATCH 4 (BALI)

Perkembangan dunia bisnis yang semakin luas dan cepat, menuntut para pelaku bisnis untuk memiliki kompetensi dasar dalam bidang manajemen. SIMT Mini-MBA ini adalah program training non-gelar yang akan fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam manajemen bisnis dengan metode pembelajaran yang lebih singkat, praktis, interaktif dan berbasis case studies. Mini-MBA ini setidaknya dapat menjadi media bagi Anda yang saat ini sedang dan akan menggerakkan roda bisnis dengan 8 modal pengetahuan basic tentang manajemen bisnis, yaitu Basic Management Concept and Theories, Financial and Accounting Management, Strategic Human Capital and Organization Development, Marketing Management, Strategic and Performance Management, Operations and Supply Chain Management, Project and Innovation Management, dan Business Communication. Masing-masing topik bahasan tersebut akan diulas oleh para trainer yang berasal dari akademisi dan praktisi berpengalaman di bidangnya.

Manajemen Dokumen dan Kearsipan Digital Training Program Batch 4

Program ini dihadirkan secara khusus bagi para profesional dan praktisi yang dalam kesehariannya berkutat di bidang pengelolaan dokumen, rekod, dan arsip. Program dikemas secara berkesinambungan dalam sebuah training yang akan berjalan selama 8 sesi atau 16 JPL dengan menghadirkan berbagai topik yang aktual dan tepat guna. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan kemampuan praktis bagi para pengelola dokumen dan arsip yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya informasi sebuah institusi. Saat ini institusi dihadapkan pada sebuah dinamika besar yang membutuhkan berbagai penyesuaian untuk tetap bertahan dalam sebuah persaingan. Salah satu strateginya adalah dengan menghadirkan sebuah manajemen dokumen yang terkolaborasi dengan penguatan teknologi informasi sebagai support system. Oleh sebab itu training ini akan menghadirkan paradigma baru dalam menciptakan sebuah Document Management System dengan tetap berkiblat pada kaidah-kaidah pengelolaan dokumen dan arsip.

Advanced Training of Human Factor in Safety System Batch 2

Human Factors atau yang juga dikenal sebagai faktor manusia merupakan salah satu aspek terpenting dalam mewujudkan keselamatan dan Kesehatan di tempat kerja. Dalam dunia keselamatan kerja, Center for Chemical Process Safety (CCPS) menyatakan bahwa Human Factors turut berkontribusi relatif besar dalam hilangnya nyawa, terjadinya luka pada personel, maupun kerusakan properti dalam dunia industri proses kimia. Human Factors Engineering adalah sebuah ilmu yang mempelajari karakteristik manusia dalam interaksinya dengan alat dan perlengkapan yang mereka gunakan dalam tempat kerja, interaksi dengan aspek behavioral-cognitive dalam suatu pekerjaan, interaksi dengan lingkungan di mana mereka bekerja, interaksi dengan pekerjaan disuatu tempat kerja, serta interaksi manusia dengan sosioteknikal dalam suatu sistem K3. Terkait dengan hal tersebut, Program Executive Education ITS menghadirkan sebuah program “Advanced Training of Human Factors in Safety System Batch 2” dengan sentuhan kurikulum yang khusus didesain secara berbeda dari training dan sertifikasi K3 pada umumnya. Training ini didesain khusus untuk membekali para leader di perusahaan untuk dapat mengenal lebih jauh tentang perkembangan teori Human Factors dan juga best practice implementasi Human Factors dalam rangka meningkatkan kinerja K3. Perkembangan teori dan best practice human factors diambilkan dari sumber-sumber terkemuka baik dari buku, artikel ilmiah yang ditulis oleh para pakar dan praktisi dibidang Human Factors, best practice dari berbagai organisasi kelas dunia, maupun dari pengalaman-pengalaman praktikal para pemateri. Dengan adanya insight baru yang lebih luas tentang Human Factors, diharapkan para leader perusahaan yang mengikuti training ini memiliki perspektif yang lebih dalam untuk meningkatkan kinerja K3 khususnya pada aspek Human Factors pada perusahaan masing-masing. Kontak Program Advisor untuk informasi lebih lanjut 08113565557.

INHOUSE TRAINING ADVANCED TRAINING IN PROJECT MANAGEMENT PT. COGINDO DAYABERSAMA BATCH 2

Pengelolaan proyek menjadi kompetensi wajib bagi setiap industri, baik yang memang bisnisnya berbasis proyek maupun organisasi yang tidak berbasis proyek tetapi harus melakukan inovasi dan perbaikan untuk menjaga daya saing dan keberlangsungan bisnisnya. Di sisi lain, dengan perkembangan lingkungan bisnis yang dinamis, diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengelola proyek dengan prinsip-prinsip baru agar proyek memiliki alignment dengan strategi organisasi dan sejalan dengan aspirasi berbagai pemangku kepentingan. Training Manajemen Proyek ini akan memberikan materi-materi yang komprehensif pada Body of Knowledge Manajemen Proyek. Para pengajar program ini adalah akademisi dan praktisi yang berpengalaman pada bidang pengelolaan proyek. Program training ini didesain bagi para profesional dan leader yang bergerak di berbagai bidang industri. Mereka yang tertarik untuk mendalami bidang project management dengan pendekatan interdisiplin sangat tepat untuk mengikuti program ini.

Pre-Doctoral Study Workshop Batch 4

Anda sedang bingung ingin sekolah S3 tetapi tidak tahu apa yang perlu disiapkan? Executive Education ITS Proudly Present Pre-Doctoral Study Workshop Batch 4 (Online Program). Program ini ditujukan untuk para profesional dan praktisi yang berencana melanjutkan Studi S3, para profesional dan praktisi dengan pengalaman manajerial, dan para peminat program Doktor Manajemen Teknologi SIMT ITS. Benefit dari program ini adalah bagi peserta dengan progress penulisan proposal yang baik mendapatkan kesempatan untuk direkomendasikan diterima di Program Doktor Manajemen Teknologi SIMT ITS).

Advanced Training in Project Management Batch 4

Pengelolaan proyek menjadi kompetensi wajib bagi setiap industri, baik yang memang bisnisnya berbasis proyek maupun organisasi yang tidak berbasis proyek tetapi harus melakukan inovasi dan perbaikan untuk menjaga daya saing dan keberlangsungan bisnisnya. Di sisi lain, dengan perkembangan lingkungan bisnis yang dinamis, diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengelola proyek dengan prinsip-prinsip baru agar proyek memiliki alignment dengan strategi organisasi dan sejalan dengan aspirasi berbagai pemangku kepentingan. Training Manajemen Proyek ini akan memberikan materi-materi yang komprehensif pada Body of Knowledge Manajemen Proyek. Para pengajar program ini adalah akademisi dan praktisi yang berpengalaman pada bidang pengelolaan proyek. Program training ini didesain bagi para profesional dan leader yang bergerak di berbagai bidang industri. Mereka yang tertarik untuk mendalami bidang project management dengan pendekatan interdisiplin sangat tepat untuk mengikuti program ini.

Life Cycle Cost Management (LCCM) Training Program

Life Cycle Cost Management (LCCM), ataupun Total Cost of Ownership (TCO) adalah dua istilah serupa yang banyak digunakan untuk mengevaluasi opsi pemilihan aset, khususnya terkait pengadaan ataupun penggantian peralatan melalui pendekatan perbandingan total biaya yang diperlukan sepanjang umur hidupnya. Pendekatan ini banyak digunakan, baik dalam jurnal ataupun publikasi yang berfokus pada teknik / metodologi dan adopsi teknik / metodologi pada kasus pemilihan / evaluasi aset. Semenjak didokumentasikan resmi oleh U.S. Logistics Management Institute pada tahun 1960-an, standar implementasi LCCM telah berkembang pesat dalam bentuk standar-standar industri. Implementasi LCCM juga telah berkembang ke arah penerapannya untuk evaluasi pengadaan asset, evaluasi sistem maintenance, hingga evaluasi umur ekonomis.

TRAINING PROGRAM: ETHICS AND COMMUNICATION SKILLS FOR LIBRARIAN

Program training ini secara khusus kami tujukan bagi Anda para pustakawan dan profesional perpustakaan yang dalam menjalankan pelayanan informasi sangat dituntut untuk menghadirkan sebuah layanan prima dan solutif. Selain itu, program training ini fokus pada pengembangan skill komunikasi dan etika dalam berinteraksi dengan para pelanggan perpustakaan. Saat ini, kami meyakini bahwa menjalani profesi sebagai seorang pustakawan memerlukan knowledge, skill, dan experiences yang mumpuni terutama untuk berhadapan dengan user yang semakin beragam karakternya. Pada program training khusus pustakawan ini, kami menghadirkan 6 modul unggulan yang dikemas dalam 12 JPL yaitu, “Overview of Services Excellence in Library and Information Centre”, “Customer Services Etiquette”, “Interpersonal Communication”, “Effective Communication for Librarian”, “Library Services Management”, dan “The Psychology Aspect for Librarianship“. Modul-modul ini akan disampaikan oleh para trainer yang berkompeten di bidangnya dan akan disajikan melalui praktek dan studi kasus.

Training Manajemen Dokumen dan Kearsipan Digital Batch 3 (BATU)

Program ini dihadirkan secara khusus bagi para profesional dan praktisi yang dalam kesehariannya berkutat di bidang pengelolaan dokumen, rekod, dan arsip. Program dikemas secara berkesinambungan dalam sebuah training yang akan berjalan selama 8 sesi atau 16 JPL dengan menghadirkan berbagai topik yang aktual dan tepat guna. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan kemampuan praktis bagi para pengelola dokumen dan arsip yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya informasi sebuah institusi. Saat ini institusi dihadapkan pada sebuah dinamika besar yang membutuhkan berbagai penyesuaian untuk tetap bertahan dalam sebuah persaingan. Salah satu strateginya adalah dengan menghadirkan sebuah manajemen dokumen yang terkolaborasi dengan penguatan teknologi informasi sebagai support system. Oleh sebab itu training ini akan menghadirkan paradigma baru dalam menciptakan sebuah Document Management System dengan tetap berkiblat pada kaidah-kaidah pengelolaan dokumen dan arsip.

SIMT MINI-MBA PROGRAM BATCH 3 (BALI)

Perkembangan dunia bisnis yang semakin luas dan cepat, menuntut para pelaku bisnis untuk memiliki kompetensi dasar dalam bidang manajemen. SIMT Mini-MBA ini adalah program training non-gelar yang akan fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam manajemen bisnis dengan metode pembelajaran yang lebih singkat, praktis, interaktif dan berbasis case studies. Mini-MBA ini setidaknya dapat menjadi media bagi Anda yang saat ini sedang dan akan menggerakkan roda bisnis dengan 8 modal pengetahuan basic tentang manajemen bisnis, yaitu Basic Management Concept and Theories, Financial and Accounting Management, Strategic Human Capital and Organization Development, Marketing Management, Strategic and Performance Management, Operations and Supply Chain Management, Project and Innovation Management, dan Business Communication. Masing-masing topik bahasan tersebut akan diulas oleh para trainer yang berasal dari akademisi dan praktisi berpengalaman di bidangnya.

Financial Feasibility Study Training Program

Studi kelayakan atau Feasibility Study merupakan metode yang banyak digunakan untuk mengevaluasi apakah suatu rencana bisnis atau proyek berpotensi untuk berhasil. Terdapat berbagai jenis studi kelayakan, salah satunya yaitu studi kelayakan finansial. Secara prinsip, analisis dalam studi kelayakan finansial mencakup keseluruhan evaluasi atas performa keuangan, meliputi profil struktur modal, pendapatan, biaya operasional, dan lain sebagainya. Dalam konteks praktik, studi kelayakan finansial juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu atau permasalahan potensial yang mungkin terjadi selama realisasi proyek, seperti eskalasi biaya operasional, ketidakpastian pendapatan, dan isu lainnya. Bagi Anda yang secara keseharian bekerja di bidang Business Development, Business Analyst, Strategic Investment, dan juga Strategic Business di berbagai korporasi, pengetahuan tentang studi kelayakan sangat signifikan berguna dalam berbagai aplikasi praktik korporasi. Berdasarkan pengalaman kami dari beberapa kasus yang dikonsultasikan, studi kelayakan memiliki peranan penting dalam beberapa hal berikut: • Pada fase preliminary analysis, studi kelayakan mampu memberikan hasil evaluasi yang komprehensif sebagai salah satu instrumen pendukung pengambilan keputusan. • Studi kelayakan juga dapat digunakan sebagai instrumen simulasi dan evaluasi untuk menentukan strategi bisnis yang optimal, menimbang potesi isu selama proyek direalisasikan hingga dikomersialisasikan. • Dalam konteks tracking, hasil studi kelayakan dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengevaluasi dan mengontrol tingkat kesuksesan realisasi hingga komersialisasi suatu proyek / bisnis. • dan berbagai keputusan strategis terkait investasi atau pengembangan bisnis lainnya. Beberapa pengetahuan dasar tentu harus dimiliki untuk dapat menyusun studi kelayakan finansial melalui pemodelan yang komprehensif, khususnya terkait dengan model kertas kerja, ekuivalensi, simulasi, dan beberapa hal dasar statistik. Pelatihan yang kami tawarkan akan membahas dan memberikan seluruh kebutuhan tersebut, termasuk beberapa case study yang disusun berdasarkan praktik riil di lapangan. Kami memiliki tenaga ahli dengan pengalaman yang baik di bidang studi kelayakan finansial mulai dari di lingkup PT. Indonesia Power (Persero), PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT. Semen Indonesia (Persero), PT. Husky Cnooc Madura Ltd, PT. Pertamina International Shipping, serta PT. Pertamina Rosneft Petrokimia & Pengolahan.

Advanced Training in Design Thinking

Perkembangan teknologi digital telah menghadirkan sebuah perubahan besar dalam peta persaingan bisnis. Bahkan perilaku konsumen saat ini menjadi sangat dinamis, mengikuti alur yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Era seperti ini mengharuskan perusahaan untuk mencari strategi dan inovasi baru agar tetap bertahan dalam persaingan besar. Design Thinking dikenal sebagai sebuah proses pemecahan masalah dengan pendekatan yang berpusat pada human, berfokus pada sudut pandang pelanggan dengan kelayakan teknologi dan kelayakan ekonomi. Organisasi didorong untuk fokus pada stakeholder yang menjadi target konsumen, sehingga mereka mendapatkan solusi, proses, produk, dan layanan yang lebih baik. Pendekatan design thinking yang diterapkan pada bisnis, diharapkan dapat menghasilkan sebuah inovasi yang substansial. Inovasi dalam sebuah perusahaan tidak hanya terbatas pada produk atau jasa, tetapi juga mengarah pada inovasi bisnis proses serta model bisnis. Program “Advanced Training in Design Thinking” menghadirkan sebuah pelatihan melalui pendekatan interdisiplin dengan menggabungkan beberapa aspek penting, yaitu design thinking dan creative design.

Advanced Training in Business Intelligence

Business Analytics & Intelligence menjadi sebuah bidang yang sangat pengolahan data bisnis untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Di era digitalisasi, dimana transaksi bisnis bisa sangat massif, maka volume dan variasi data menjadi sangat kompleks, sehingga kemampuan analisa data para penggerak bisnis dan organisasi menjadi sebuah keharusan. Business Intelligence membantu organisasi menganalisis data lama dan terkini, sehingga mereka dapat dengan cepat mengungkap makna penting yang dapat ditindaklanjuti untuk membuat sebuah keputusan strategis. Pendekatan Business Intelligence dapat memproses kumpulan data besar di berbagai sumber dan menyajikan makna dalam format visual yang mudah dipahami dan dibagikan. dan skills dalam menjalankan proses bisnis di organisasinya. Program ini didesain dengan kurikulum setara pendidikan postgraduate dengan pendekatan interdisiplin sehingga diharapkan mampu memberikan gambaran situasi dan permasalahan bisnis yang kompleks. Beberapa trainer dari berbagai latar belakang pengalaman dan keilmuan telah siap mendampingi Anda dalam proses training, diantaranya para pakar dari departemen di lingkungan ITS, yaitu Statistika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Manajemen Bisnis.

Advanced Training in Business Analytics

Business Analytics & Intelligence menjadi sebuah bidang yang sangat pengolahan data bisnis untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Di era digitalisasi, dimana transaksi bisnis bisa sangat massif, maka volume dan variasi data menjadi sangat kompleks, sehingga kemampuan analisa data para penggerak bisnis dan organisasi menjadi sebuah keharusan. Business Intelligence membantu organisasi menganalisis data lama dan terkini, sehingga mereka dapat dengan cepat mengungkap makna penting yang dapat ditindaklanjuti untuk membuat sebuah keputusan strategis. Pendekatan Business Intelligence dapat memproses kumpulan data besar di berbagai sumber dan menyajikan makna dalam format visual yang mudah dipahami dan dibagikan. dan skills dalam menjalankan proses bisnis di organisasinya. Program ini didesain dengan kurikulum setara pendidikan postgraduate dengan pendekatan interdisiplin sehingga diharapkan mampu memberikan gambaran situasi dan permasalahan bisnis yang kompleks. Beberapa trainer dari berbagai latar belakang pengalaman dan keilmuan telah siap mendampingi Anda dalam proses training, diantaranya para pakar dari departemen di lingkungan ITS, yaitu Statistika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Manajemen Bisnis.

Energy Audit Training Program

Manajemen pengelolaan energi menjadi sebuah isu lingkungan dan sosial ekonomi yang menjadi sorotan saat ini. Perusahaan yang dalam proses operasionalnya membutuhkan beragam bentuk energi menjadi turut andil dalam upaya penghematan energi. Tak hanya berdampak pada kelestarian lingkungan, konsumsi energi yang terus menerus memiliki dampak ekonomi yang signifikan terhadap besarnya anggaran perusahaan yang harus dikeluarkan. Kurangnya perhatian pihak manajerial dan karyawan dalam penghematan konsumsi energi juga menambah beban akomodasi yang harus ditanggung perusahaan. Manajemen perusahaan membutuhkan strategi untuk melakukan penghematan energi yang menunjang kegiatan operasionalnya. Audit energi merupakan salah satu strategi untuk mengawali upaya manajemen energi di sebuah perusahaan baik yang bergerak di bidang industri maupun konstruksi. Audit energi dapat berfokus pada proses penilaian bangunan atau kegiatan operasional yang mengkonsumsi energi, sekaligus memberikan rekomendasi tentang strategi yang harus diimplementasikan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai efisiensi kebutuhan operasional. Program training Energy Audit ini akan memberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya yang harus ditanggung perusahaan sebagai bagian dari upaya perbaikan pengelolaan energi. Program ini memberikan dasar-dasar untuk melakukan audit energi perusahaan, mulai dari tahap persiapan hingga implementasi dan pelaporan. Oleh karena itu, keluaran dari program ini diharapkan dapat memberikan keahlian yang memadai bagi peserta sebagai seorang auditor energi.

Advanced Training in Safety System Engineering Batch 2

Seiring dengan semakin cepatnya proses pembangunan di Indonesia, membuat isu seputar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi salah satu concern berbagai perusahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerjanya. Tingginya angka kecelakaan kerja dan rendahnya safety culture yang ada di Indonesia, perlu diimbangi dengan peningkatan kompetensi dibidang K3 secara lebih massif lagi. Terkait dengan hal tersebut, Program Executive Education ITS menghadirkan sebuah program “Advanced Training in Safety System Engineering” dengan sentuhan kurikulum yang khusus didesain secara berbeda dari training dan sertifikasi K3 pada umumnya. Training ini didesain khusus untuk membekali para leader di perusahaan untuk dapat mengenal lebih jauh tentang perkembangan teori K3 dan juga best practice implementasi K3 pada perusahaan-perusahaan yang telah teruji, terutama pada perusahaan berisiko tinggi. Perkembangan teori K3 dan best practice implementasi K3 diambilkan dari sumber-sumber terkemuka baik dari buku, artikel ilmiah yang ditulis oleh para pakar dan praktisi dibidang K3, best practice dari berbagai organisasi K3 kelas dunia, maupun dari pengalaman-pengalaman praktikal para pemateri. Dengan adanya insight baru yang lebih luas tentang K3, diharapkan para leader perusahaan yang mengikuti training ini memiliki cakrawala yang lebih fresh dan update dalam rangka meningkatkan safety culture pada perusahaan masing-masing.

Workshop : Strategi Implementasi Manajemen Perubahan di Lingkungan Pendidikan Tinggi

Eksistensi perguruan tinggi saat ini menjadi krusial dalam mewujudkan human resources dengan kualitas unggul yang mampu bersaing di kanca internasional. Roda pergerakan pendidikan tinggi tak terlepas dari peran leader sebagai penentu arah kebijakan dan manajemen melaui program-program strategisnya. Arah manajemen pendidikan tinggi tentu saja akan menjadi penentu tercapainya good unversity governance yang mampu menyiapkan tenaga ahli dan terampil di bidangnya masing-masing. Di era revolusi industry 4.0, kondisi menjadi lebih dinamis dan kompleks. Berbagai transformasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi peluang dan tantangan tersendiri bagi seorang leader yang memegang kendali pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, diperlukan sosok profesional yang paham tentang berbagai pendekatan manajemen pengelolaan perguruan tinggi. Profesional yang harus mampu meningkatkan potensi manajerial dan leadership serta melakukan berbagai kolaborasi di kanca internasional demi peningkatan mutu layanan pendidikan. Program ITS Executive Education berdedikasi untuk menjadi bagian dalam upaya peningkatan kompetensi manajerial para profesional di lingkungan perguruan tinggi dengan value yang lebih adaptif, inovatif, transformative, dan mengutamakan service excellence.

Document Management Training Program Batch II

Program ini dihadirkan secara khusus bagi para profesional dan praktisi yang dalam kesehariannya berkutat di bidang pengelolaan dokumen, rekod, dan arsip. Program dikemas secara berkesinambungan dalam sebuah training yang akan berjalan selama 8 sesi atau 16 JPL dengan menghadirkan berbagai topik yang aktual dan tepat guna. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan kemampuan praktis bagi para pengelola dokumen dan arsip yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya informasi sebuah institusi. Saat ini institusi dihadapkan pada sebuah dinamika besar yang membutuhkan berbagai penyesuaian untuk tetap bertahan dalam sebuah persaingan. Salah satu strateginya adalah dengan menghadirkan sebuah manajemen dokumen yang terkolaborasi dengan penguatan teknologi informasi sebagai support system. Oleh sebab itu training ini akan menghadirkan paradigma baru dalam menciptakan sebuah Document Management System dengan tetap berkiblat pada kaidah-kaidah pengelolaan dokumen dan arsip.

SIMT Leadership Program

This course is aimed at middle to top management positions and graduate students who wish to gain knowledge and insights on how to bring organizations to achieve its missions. The course is expected to provide overview, concepts, best practice, experiences and case studies of organizational leadership. The instructors are selected among the Seasoned leaders in different industry sectors.

Copyright © Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Copyright © ITS